Home » Artikel » Demam Pada Anak

Demam Pada Anak

{lang: 'id'}

(Catatan dua kali demamnya Faiz)

Siapa sih yang nggak panik kalau anak demam? padahal, demam itu tidak selalu  harus kita khawatirkan, karena nggak semua demam berarti penyakit. Ia bisa berarti reaksi positif tubuh karena terjadi penumpukan toksik (racun) dalam sistem tubuh yang terlalu banyak sehingga tubuh harus menghasilkan ekstra panas dengan peningkatan suhu tubuh guna membakar/menetralisasi kelebihan toksik yang harus dibuang yang tidak bisa diproses dengan suhu normal tubuh.Yang penting, kalau anak demam kita harus tenang, karena kalau kita panik, anak juga jadi rewel.

Demam sering terjadi pada anak di bawah 5 tahun. Bisa dibilang, demam itu sahabatnya anak. Tapi kita harus bersyukur lho dengan adanya demam ini, karena Allah memperkenalkan kuman pada anak sedikit demi sedikit. Dan hasilnya, bisa kita lihat, setelah usia 5 tahun anak kita jadi lebih kuat dan jarang terkena penyakit.

Lalu apa yang harus kita lakukan ketika anak kita demam?

- Pertama, harus tenang, karena kalau kita panik, kita nggak bisa berfikir jernih, anak juga jadi rewel.
- beri cairan sebanyak mungkin agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga. Karena ketika demam, tubuh melakukan pembakaran cairan lebih cepat dari biasanya, bila anak kita masih ASI perbanyak pemberian ASI
- berikan air madu hangat sesering mungkin, atau bila ada air kelapa muda dicampur madu, ramuan ini sangat efektif untuk menurunkan demam anak
- bila anak tidak nafsu makan, jangan dipaksa makan, tapi berikan makanan ringan yang mudah dicerna, seperti berbagai jus buah-buahan manis yang ditambah madu.
- kompres bagian kepala dan ketiak. Atau jika panasnya cukup tinggi, kompreslah sekujur tubuhnya
- Badan anak tidak boleh ditutupi dengan selimut ketika demam
- Memijat pada sekitar kelopak mata bawah dan alis mata akan membantu menurunkan demam pada anak dan mengurangi ketidaknyamanan di sekitar kepala.
- Bila perlu, buatlah ramuan terbuat dari bawang merah yang dihancurkan dan dicampur dengan minyak kelapa atau baby oil. Ramuan itu dioleskan ke sekujur tubuh anak.
- Obat penurun panas diberikan ketika demam anak tidak terkontrol, dengan pemmberian ekstra cairan (banyak minum) dan kompres lokal

Koleksi terkait:

  1. Ziya Clothdiaper: Popok Kain, Pakai Berulang-ulang
  2. Ziya Wetbag: Penyimpan Basahan
  3. Batik Anak
  4. Permainan Monopoli Niaga Islami [Habis]
  5. Private: Bathbook Froggy – Habis Stok

Artikel

No Comments to “Demam Pada Anak”

Leave a Reply

(required)

(required)


 
Blog WebMastered by All in One Webmaster.
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.
Get Adobe Flash player